Selasa, 10 November 2015

makalah filsafat ilmu (keatifitas dan evolusi ilmu)



MAKALAH
FILSAFAT ILMU
KREATIFITAS DAN EVOLUSI ILMU
http://buku-on-line.com/wp-content/uploads/2012/04/Logo-IAIN-Sultan-Amai-Gorontalo.jpg

DISUSUN OLEH:
1.RAHMAT ABAS
2.CANDRAWATY ADAM
3.TAHIR KAMARU
4. Rano R. Sampelan

JURUSAN KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM
FAKULTAS USHULLDIN DAN DAKWAH
IAIN SULTAN AMAI GORONTALO
TA. 2014-2015

KATA PENGANTAR
           Alhamdulillah,syukur kepada allah yang telah memberikan hidayahnya kepada saya sehingga dapat menyelesaikan penelitian ini. Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada baginda Rasulullah SAW,suri teladan yang telah membawa kita dari jaman kebodohan kejaman yang penuh dengan ilmu pengetahuan.
          Pada kesempatan kali ini,dengan penuh syukur kami mengucapkan terimah kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah berpatisipasi dalam penyelesaian penelitian ini.Kemudian kepada kedua orang tua saya atas segala doa dan harapan besar yang harus saya pertanggung jawabkan. Saya merasa sangat berharga dengan semua itu sehingga dengan penuh semangat bias menyelesaikan penyusunan penelitian ini.










BAB 1
PENDAHULUAN
A.latar belakang.
             KREATIFITAS Adalah sebuah kata yang gampang diucapkan tetapi susah untuk diartikan, bahkan susah untuk dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, bagi banyak orang yang belum terbiasa dan masih terbelenggu  dengan pikiran bahwa kreatifitas itu harus menghasilkan ciptaan yang luar biasa hebat. Banyak orang  mengatakan bahwa kreatifitas itu suatu cara berfikir untuk keluar dari masalah hidup yang melingkupi dan membelitnya, begitupun dengan EVOLUSI ILMU ada banyak pertanyaan yang muncul dengan kata itu, bahkan pada kebanyakan masyarakat tahu kata evolusi tetapi tidak tahu secara jelas apa definisi evolusi,
Dengan adanya banyak kebingungan yang muncul alangkah baiknya kita secara bersama meneliti dan mempelajari definisi ke2 kata tersebut dari perbandingan-perbandingan serta peranannya bagi kehidupan kita manusia

B.Rumusan masalah.
1.Definisi kreatifitas dan evolusi ilmu
2.Peranan kreatifitas dalam ilmu dan evolusi dalam ilmu
3. Relasi antara kreatifitas dan evolusi ilmu



BAB 2
PEMBAHASAN
A.                 DEFINISI KREATIFITAS DAN EVOLUSI ILMU
1.kreatifitas
a.Pengertian Kreatifitas
Kreatifitas menurut KBBI berarti hasil dari kemampuan. Menurut istilah kreatifitas adalah kemampuan seseorang untuk menciptakan atau menghasilkan sesuatu yang baru dan asli, yang sebelumnya belum dikenal ataupun memecahkan masalah baru yang dihadapi. Salah satu hal yang penting dalam kreatifitas adalah kemampuan berfikir yang menyebar, para pemikir yang menyebar tidak terikat harapan-harapan, tidak menghendaki jawaban yang benar, melainkan menghendaki cara berfikir yang yang spontan dan bebas, seperti dalam melamun dan asosiasi bebas, yang menghasilkan berbagai pemecahan masalah atau penemuan. dari sudut pandang keilmuan hasil kreatifitas biasanya dianggap memiliki keaslian dan kepantasan. Sebagai alternatif, konsepsi sehari-hari dari daya cipta adalah tindakan membuat sesuatu yang baru. Kreatifitas masa kini sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor, linkungan dan keturunan.
b. Ciri-ciri kreatifitas
Menurut PARNES ada 4 macam ciri kreatifitas sbb:
1.Fluency (kelancaran) yaitu kemampuan mengemukakan ide yang serupa untuk memecahkan suatu masalah.
2.Flexibility (keluwesan) yaitu kemampuan memeberikan atau menemukan berbagai macam ide untuk memecahkan suatu masalah diluar kategori biasa.
3.Originality (keaslian) yaitu kemampuan respon yang unik, bahan ide secara terperinci untuk mewujudkan ide menjadi kenyataan.
4.Sensitivity ( kepekaan) yaitu kepekaan  menangkap suatu masalah sebegai tanggapan suatu situasi.
c. Faktor yang mendukung perkembangan kreatifitas adalah sbb:
1.Situasi yang menghadirkan ketidaklengkapan serta keterbukaan
2.Situasi yang memungkinkan dan mendorong timbulnya banyak pertanyaan
3.Situasi yang dapat mendorong dalam rangka menghasilkan sesuatu
4.Situasi yang mendorong tanggung jawab dan kemandirian
5.Situasi yang menekankan inisatif diri untuk menggali, mengamati, bertanya, merasa, mengklasifikasikan, mencatat, menerjemahkan, memperkirakan, menguji,hasil perkiraan dan mengomunikasikan.
6.Kedwibahasaan yang memungkinkan untuk penembangan potensi secara lebih luas dan bervariasi.
7.perhatian orang tua terhadap minat dan bakat anaknya.
d. Tekhnik menumbuhkan kreatifitas
1.Saran dan pendapat
2.Pernyataan yang merubah ide
3.Daftar sifat yang dimiliki
4.Pernyataan terbuka dan demokrasi
5.Memberi kesempatan orang lain mengemukakan pendapat

2. Evolusi ilmu
a. Pengertian Evolusi
Evolusi  adalah proses perubahan secara berangsur-angsur(bertingkat) dimana sesuatu berubah menjadi bentuk lain (yang biasanya) menjadi lebih komplex/rumit ataupun berubah bentuk menjadi lebih baik. Evolusi sering kali digunakan untuk menggambarkan perkembangan yang lambat. Evolusi berasal dari bahasa latin evolvere “membuka lipatan,menggulung,atau berkembang. Dalam kajian biologi evolusi biasanya membahas tentang perubahan pada sifat-sifat terwariskan suatu populasi organisme dari satu generasi kegenerasi berikutnya, jadi jika disimpulkan evolusi ilmu adalah ilmu yang mempelajari tentang perubahan ataupun perkembangan yang terjadi pada suatu objek penelitian.
             b. Pemikiran mengenai evolusi
yakni bahwa spesies akan berubah dari waktu ke waktu, telah berakar sejak zaman kuno. Pemikiran tersebut dapa terlihat pada ilmu pengetahuan perdaban yunani,romawi, cina, dan islam. Namun sampai dengan abad ke delapan belas, pandangan biologis barat masih sangat mendominasi dengan pandangan ensensialisme, yaitu pandangan bahwa bentuk-bentuk kehidupan tidak berubah. Hal ini mulai berbuah ketika pengaruh kosmologi evolusioner dan filosofi mekanis menyebar dari ilmu fisik kesejarah alam.  Para naturalis mulai berfokus pada keaneka ragaman spesies, dan munculnya ilmu palentologi dengan konsep  kepunahannya lebih jauh membantah pandngan bahwa alam bersifat statis. Pada awal abad ke sembilan belas, jean-baptiste lamark mengajukan teorinya mengenai transmutasi spesies. Teori ini merupakan teori evolusi pertama ilmiah
c. Teori evolusi menurut Charles Darwin
Dalam teori darwin aneka spesies makhluk hidup tidak diciptakan secara terpisah oleh tuhan, tetapi berasal dari nenek moyang yang sama dan menjadi berbeda antara satu sama lain karena kondisi alam. Contoh halnya pada manusia darwin berpendapat bahwa asal usul manusia itu berasal dari monyet sebagai nenek moyangnya, menurut mereka, selama proses evolusi yang diperkirakan berawal dari empat sampai lima juta tahun lalu terdapat bentuk-bentuk transisi antara manusia moderen dan nenek moyangnya. Darwin mengatakan bahwa manusia itu bereasal dari monyet yang mengalami evolusi karena seleksi alam.

B.                  PERANAN KREATIFITAS DALAM ILMU DAN PERANAN EVOLUSI DALAM ILMU
1.Peranan kretifitas dalam ilmu.
        Kreatifitas dalam ilmu pengetahuan sangatlah berpengaruh karena dengan adanya kreatifitas akan ada banyak pemikir dan pencinta kreativitas lebih termotivasi untuk banyak menunutut ilmu yang kemudian dari ilmunya itu menciptakan banyak hasil kreatifitas, kreatifitas tanpa ilmu tidak akan terlihat maksimal hasilnya, ilmu tanpa kreatifitas tidak akan terlihat menarik.

2.Peranan evolusi dalam ilmu
       Evolusi dalam ilmu pengetahuan bisa juga dikatakan begitu saling mempengaruhi karena didalam materi evolusi ada banyak hal-hal yang terkait dengan asal-asul, seluk-beluk, perkembangan yang paling banyak menyangkut makhluk hidup, selain itu evolusi sangatlah banyak berdampak signifikan terhadap kesejahteraan manusia, terapan evolusi banyak mencakup tentang segala sesuatu yang ada dimuka bumi ini sehingganya terapan evolusi berpengaruh terhadap dalam dan dangkalnya ilmu pengetahuan manusia tentang alam sekitarnya.

C.                  RELASI KREATIFITAS DAN EVOLUSI ILMU
Kreatifitas bisa dikatakan sebagai suatu revolusi,
Terdapat banyak persamaan antara revolusi dan evolusi keduanya mengandung makna perubaan dan perkembangan. Perbedaannya terletak pada hal revolusi menunjuk pada perubahaan yang lebih dinamis, lebih drastic, dan lebih cepat, namun keduanya ditandai oleh introduksi oleh perangkat konsep baru yang sebelumnya tidak ada, yang tidak selalu merupakan hasil yang tumbuh dari suatu krisis atau konflik.
















BAB 3
PENUTUP
1.                  KESIMPULAN
Pengertian Kreatifitas
Kreatifitas menurut KBBI berarti hasil dari kemampuan. Menurut istilah kreatifitas adalah kemampuan seseorang untuk menciptakan atau menghasilkan sesuatu yang baru dan asli, yang sebelumnya belum dikenal ataupun memecahkan masalah baru yang dihadapi.
Pengertian Evolusi
Evolusi  adalah proses perubahan secara berangsur-angsur(bertingkat) dimana sesuatu berubah menjadi bentuk lain (yang biasanya) menjadi lebih komplex/rumit ataupun berubah bentuk menjadi lebih baik
Peranan kretifitas dalam ilmu.
        Kreatifitas dalam ilmu pengetahuan sangatlah berpengaruh karena dengan adanya kreatifitas akan ada banyak pemikir dan pencinta kreativitas lebih termotivasi untuk banyak menunutut ilmu yang kemudian dari ilmunya itu menciptakan banyak hasil kreatifitas, kreatifitas tanpa ilmu tidak akan terlihat maksimal hasilnya, ilmu tanpa kreatifitas tidak akan terlihat menarik.
Peranan evolusi dalam ilmu
       Evolusi dalam ilmu pengetahuan bisa juga dikatakan begitu saling mempengaruhi karena didalam materi evolusi ada banyak hal-hal yang terkait dengan asal-asul, seluk-beluk, perkembangan yang paling banyak menyangkut makhluk hidup, selain itu evolusi sangatlah banyak berdampak signifikan terhadap kesejahteraan manusia, terapan evolusi banyak mencakup tentang segala sesuatu yang ada dimuka bumi ini sehingganya terapan evolusi berpengaruh terhadap dalam dan dangkalnya ilmu pengetahuan manusia tentang alam sekitarnya.

RELASI KREATIFITAS DAN EVOLUSI ILMU
Kreatifitas bisa dikatakan sebagai suatu revolusi,
Terdapat banyak persamaan antara revolusi dan evolusi keduanya mengandung makna perubaan dan perkembangan. keduanya ditandai oleh introduksi oleh perangkat konsep baru yang sebelumnya tidak ada.



DAFTAR PUSTAKA

Finoza, Lamuddin. 2002.. Filsafat ilmu. Jakarta: Insan Mulia.
Razak, Abdul. 1985. Kreatifitas dan evolusi. Jakarta: Gramedia.
http:////wikipedia teori evolusi dan kreatifitas.html.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

gunakan bahasa yang sopan..

Makalah sosiologi komunikasi- paradigma keilmuan dan teori komunikasi

SOSIOLOGI KOMUNIKASI : PARADIGMA KEILMUAN DAN TEORI KOMUNIKASI DISUSUN OLEH : RAHMAT ABAS MOHAMAD RIFAI DJ RAUF ERWI...