Minggu, 27 Desember 2015

Observasi Psikologi Remaja



OBSERVASI
DASAR-DASAR PSIKOLOGI
: REMAJA






DISUSUN OLEH :
IMAN MUISDENG
SEMESTER III
PRODI : KOMUNIKASI PENYARAN ISLAM
FAKULTAS : USHULLDIN DAN DAKWAH
T.A 2015-2016











KATA PENGANTAR


           Alhamdulillah,syukur kepada allah yang telah memberikan hidayahnya kepada saya sehingga dapat menyelesaikan  observasi ini. Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada baginda Rasulullah SAW,suri teladan yang telah membawa kita dari jaman kebodohan kejaman yang penuh dengan ilmu pengetahuan.
          Pada kesempatan kali ini,dengan penuh syukur saya mengucapkan terimah kasih  kepada kedua orang tua saya atas segala doa dan harapan besar yang harus saya pertanggung jawabkan. Saya merasa sangat berharga dengan semua itu sehingga dengan penuh semangat bias menyelesaikan penyusunan observasi ini.
         Meskipun demikain, tidak ada manusia yang sempurna. Oleh karena itu,segala kesalahan dan kekhilafan yang ada mohon di malumi.














BAB I
PEBDAHULUAN
A.Latar belakang
Psikologi merupakan suatu ilmu yang mana menjadikan manusia 2 posisi sekaligus yakni objek dan subjek, sesuai dengan judul observasi ini yakni meneliti tentang perkembangan manusia terutama pada masa remaja, dan untuk lebih jelasnya kita marilah sama-sama menyimak hasil penelitian ini
B. Rumusan masalah
1. mengetahui Perkembangan fisik seorang remaja
2.mengetahui perkembangan psikis seorang remaja
3. mengetahui perkembangan remaja dengan lingkungan sekitarnya.












BAB II
PEMBAHASAN
A.   Perkembangan fisik remaja
Remaja merupakan suatu objek kajian baru yang dalam kajian psikologi, rentang waktu usia remaja ini ada 3 yakni 12-15 tahun (awal remaja) 15-18 tahun (pertengahan remaja) 18-21 (remaja akhir). Perubahan-perubahan fisik merupakan gejala primer dalam pertumbuhan masa remaj, yang berdambak pada perubahan psikologis, dan pada kesempatan ini saya memilih objek penelitian teman saya sendiri

 Identitas :
nama : Rahmat abas
tanggal lahir : 18 maret 1997 ( 18 tahun)
alamat : desa huntu kecamatan batudaa
jenis kelamin : laki-laki

1.perubahan tinggi
Tinggi rata-rata anak laki-laki dan perempuan pada usia 12 tahun adalah sekitar 59/60 inci, tetapi pada usia 18 tahun tinggi rata-rata remaja laki-laki adalah 69 inci. Sedangkan tinggi rata-rata untuk perempuan 64 inci. Adapun factor penyebab laki-laki lebih tinggi dari perempuan adalah karena laki-laki lebih cepat pertumbuhan mereka 2 tahun lebih cepat dari pertumbuhan perempuan, berdasarkan hasil pengamatan saya bahwa rahmat abas ukuran tingginya bisa dikatakan normal karena dengan umurnya yang 18 tahun rahmat sudah memiliki tinggi 69 inci.

2. perubahan berat badan
Percepatan pertumbuhan tinggi badan dapat mempengaruhi penambahan berat badan, yakni sekitar 13kg dan 15kg, meskipun berat badan juga dapat dipengaruhi oleh diet, latihan, dan gaya hidup pada umumnya oleh sebab itu berat badan akan mudah diramalkan jika melihat ukuran tinggi seseorang. Berdasarkan hasil wawancara saya bahwa berat bada rahmat yakni 55kg terakhir ditimbang pada waktu kelas 3 sma jadi bisa dikatakan sesuai dengan standar pada umumnya.




Perkembangan psikis remaja

Pada dasarnya psikis remaja belum bisa dapat dijadikan suatu bahan pertimbangan karena pada masa remaja adalah masa yang dimana masih dalam keadaan labil dan masih belum banyak menerima penglaman hidup yang dapat dijadikan pelajaran.

1.     Bahasa
Masa remaja adalah masa yang mana terjadi banyak kreatifitas, salah satunya kreasi dalam berbahasa, kebanyakan anak muda atau remaja lebih suka menggunakan bahasa gaul, berbeda dengan objek penelitian saya yakni rahmat lebih menyukai menggunakan bahasa biasa yang digunakan oleh lingkungannya mungkin ini adalah salah satu factor yang berasal dari factor lingkungan.

2.     emosi
fakta menyebutkan bahwa masa yang paling dominan memiliki emosi adalah masa remaja karena pada masa ini manusia belum mencapai suatu kedewasaan dalam berfikir sehingganya bisa dikatakan emosi dan remaja tidak dapat dipisahakan, pernyataan ini berbeda lagi dengan apa yang terdapat pada objek penelitian saya yakni rahmat, jika saya lihat beliau hampir tidak menampakkan bahwa ia punya emosi, faktanya saya belum pernah melihat ia marah, sedih, ataupun galau mungkin ini pengaruh tentang kepercayaan, ia lebih dekat dengan segala bentuk spiritual.

3.     Kecerdasan
Masa remaja adalah suatu periode kehidupan yang mana kapasitas untuk memperoleh dan menggunkan penengetahuan secara efiesien mencapai puncaknya, hal ini adalah karena selama periode remaja ini, proses pertumbuhan otak mencapai kesempurnaan. Sesuai dengan pernyataan diatas saya dapat melihat perkembangan kecerdasaan rahmat abas cukup stabil hal ini dapa saya lihat dari nilai ujian uas semester satunya yang cukup baik.

4.     Minat dan bakat
Minat dan bakat tidak akan pernah lepas dari anak-anak remaja hal ini dikarenakan minat dan bakat seorang remaja akan menggambarkan seperti apa ia kelak akan datang, berdasarkan hasil wawncara saya bahwa minat dari rahmat terdapat pada bidang jurnalistik dan bisa dikatakan ia mempunyai bakat mudah bersosialisasi dengan siapa saja yang ada didekatnya mungkin ini adalah factor hereditas.

5.     Religious
Remaja jika dikaitkan dengan religious akan sangat jauh jaraknya, hal ini bisa kita lihat fakta sekarang para remaja lebih suka berada ditempat-tempat hiburan daripada tempat ibadah, pada perkembangan religious rahmat bisa dikatakan cukup baik hal ini dapat saya pastikan ketika setiap waktu solat dikampus ia langsung menuju untuk solat

B.   Remaja dan lingkungannya
 Remaja pada dasarnya terhadap lingkungan masih dalam tahap perkembangan mencari jati diri, bisa dilihat dari fakta sekarang perilaku remaja dilingkungan sering ataupun paling banyak melakukan perbuatan negative, hal ini disebabkan belum adanya sifat kedewasaan pada diri sang remaja,
Pada penelitian saya tentang rahmat dan lingkungannya beliau jauh berbeda dengan fakta yang dinyatakan diatas, beliau sangat jarang melakukan hal negative mungkin ini dikarenakan beliau sedikit lagi sampai pada tahap dewasa
































BAB III
PENUTUP
A.Kesimpulan

a.     Perkembangan fisik remaja
Remaja merupakan suatu objek kajian baru yang dalam kajian psikologi, rentang waktu usia remaja ini ada 3 yakni 12-15 tahun (awal remaja) 15-18 tahun (pertengahan remaja) 18-21 (remaja akhir).
b.     Perkembangan psikis remaja
Pada dasarnya psikis remaja belum bisa dapat dijadikan suatu bahan pertimbangan karena pada masa remaja adalah masa yang dimana masih dalam keadaan labil dan masih belum banyak menerima penglaman hidup yang dapat dijadikan pelajaran
c.      Remaja dan lingkungannya
Remaja pada dasarnya terhadap lingkungan masih dalam tahap perkembangan mencari jati diri,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

gunakan bahasa yang sopan..

Makalah sosiologi komunikasi- paradigma keilmuan dan teori komunikasi

SOSIOLOGI KOMUNIKASI : PARADIGMA KEILMUAN DAN TEORI KOMUNIKASI DISUSUN OLEH : RAHMAT ABAS MOHAMAD RIFAI DJ RAUF ERWI...