Minggu, 27 Desember 2015

Observasi Psikologi-Dewasa



OBSERVASI
DASAR-DASAR PSIKOLOGI

: DEWASA

Logo-IAIN-Sultan-Amai-Gorontalo.jpg

DISUSUN OLEH :
GUNAWAN SIKILI
SEMESTER III
PRODI : KOMUNIKASI PENYARAN ISLAM
FAKULTAS : USHULLDIN DAN DAKWAH
T.A 2015-2016











KATA PENGANTAR


Alhamdulillah, syukur kepada allah yang telah memberikan hidayahnya kepada saya sehingga dapat menyelesaikan observasi ini. Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada baginda Rasulullah SAW,suri teladan  yang telah membawa kita dari jaman kebodohan kejaman  yang penuh dengan ilmu pengetahuan .
Pada kesempatan kali ini, dengan penuh syukur saya mengucapkan terimah kasih kepada kedua orang tua saya atas segala doa dan harapan besar  yang harus saya pertanggung jawabkan. Saya merasa sangat berharga dengan semua itu sehingga dengan penuh semangat  bias menyelesaikan penyusunan observasi ini.
Meskipun demikain, tidak ada manusia yang sempurna. Oleh karena itu,segala kesalahan dan kekhilafan  yang ada mohon di malumi.














BAB I
PEBDAHULUAN
A.Latar belakang
Manusia adalah makhluk sosial yang eksploratif dan potensial. Manusia dikatakan makhluk yang eksploratif karena manusia memiliki kemampuan untuk mengembangkan diri baik secara fisik maupun psikis. Manusia sebagai makhluk potensial karena pada diri manusia tersimpan sejumlah kemempuan bawaan yang dapat diembangkan secara nyata. Selanjutnya manusia disebut sebagai makhluk yang memiliki prinsip tanpa daya karena untuk tumbuh dan berkembang secara normal memerlukan bantuan dari luar dirinya

B. Rumusan masalah
1.      Bagaimana perkembangan fisik pada dewasa
2.    Bagaimana  perkembangan psikis pada dewasa
3.    Bagaimana  pekembangan dewasa terhadap lingkungan












BAB II
PEMBAHASAN
A.   Perkembangan fisik dewasa
Masa dewasa dapat dikatakan sebagai masa yang paling lama dalam rentang hidup. Selama masa yang panjang ini, perubahan fisik dan psikologis terjadi pada waktu-waktu yang dapat diramalkan yang menimbulkan masalah-masalah penyesuaian diri, tekanan-tekanan, serta harapan-harapan. Saat terjadinya peubahan-perubahan fisik dan psikis tertentu, masa dewasa biasanya dibagi menjadi tiga periode yang menunjuk pada perubahan-perubahan tersebut,, yaitu: kesehatan fisik, kemampuan sensorik, dan yang dibahas lebih detail dengan mengguanakan salah seorang objek :

Identitas           

Nama lengkap      : Juwaria lapamona
Tanggal lahir        : 31 mei 1981 (25 tahun)
Alamat                  : Desa ilomangga kecataman tabongo
Jenis kelamin        : Perempuan
Pekerjaan              : Urt
Status                    : Kawin




a.     Kesehatan fisik

Masa dewasa dini merupakan periode penyesuaian diri terhadap pola-pola kehidupan baru dan harapan-harapan baru. Periode ini secara umum berusia sekitar 18-25 dan berakhir sekitar 35-40 thn. Dewasa Dini, memiliki ciri-ciri yaitu : fungsi organ-organ berjalan dengan sempurna dan mengalami masa produktifitas yang tinggi.
Hasil observasi : berbeda dengan pernyataan diatas ibu juwaria mengatakan bahwa pada saat ia sudah dewasa ia merasakan adanya perubahan kesehatan fisik, ia mengatakan kesehatannya agak menurun contohnya ia lebih muda terganggu dalam system pencernaannya, dan tubuhnya tidak bisa terlalu lama bekerja.

b.    Kemampuan sensorik
 pada masa dewasa memiliki kecepatan respon yang maksimal dan mereka dapat menggunakan kemampuan ini dalam situasi tertentu dan lebih luas. Kemampuan kaki : mampu berjalan dan meloncat secara maksimal, biasanya atlit yang berprestasi mencapai puncak kejayaannya atau klimaknya pada usia dewasa muda.teori berbeda yakni kline dan schiber menyatakan pada masa dewasa kemampuan sensorik akan terlihat perkembangan penurunan ketajaman fungsi panca indera.
Hasil observasi : ibu juwaria mengatakan bahwa kemampuan sensoriknya tidak banyak terlihat perubahan dari ia remaja, sejauh ini katanya hanya ada penurunan kesehatan fisik, dan untuk penurunan sensorik belum ada ciri cirinya.


B.   Perkembangan psikis dewasa.

1.     Bahasa
  • Perkembangan penggunaan pada awal dewasa yakni memilki Keterampilan berbahasa lebih dikuasai, dan lebih supel serta mudah berkomunikasi dengan orang lain.
  • Berikutnya perkembangan bahasa  pada pertengahan dewasa yakni : Keterampilan berbahasa lebih sopan, agak bijak dan lebih dewasa.
Hasil observasi : cara berbahasa ibu juwaria sopan dan mudah berkomunikasi dengan orang lain.
2.     emosi
 Emosional  pada awal dewasa : stabilitas emosi masih mengalami naik turun, namun tetap terkontrol dan cendrung mengarah ketitik ketitik keseimbangan dan bisa mnerima tanggung jawab. Berikutnya Emosional  pada tengah dewasa yakni: stabilitas emosi masih sudah seimabang, terkontrol.
Hasil observasi : emosi ibu juwaria masih belum stabil masih banyak mengalami perubahan dan sulit mengendalikannya ketika sedang dalam puncak emosinya
3.     Kecerdasan
  • Kecerdasaan pada awal dewasa yakni : Kemampuan berfikir lebih realistis dan berfikir jauh kedepan, strategis dan selalu bersemangat untuk  berwawasan luas.
Hasil observasi : ibu juwaria mengatakan bahwa apa yang ada dipikirannya sekarang adalah untuk memimikirkan masa depan yang lebih baik lagi dan mempersiapkan segala kebutuhan yang akan ia butuhkan nanti contohnya yakni tabungan untuk hari tua, ini bisa diartikan beliau sesuai dengan apa uraian yang ada diatas.

4.     Kepribadian

Kepribadian pada Masa dewasa sebagai masa kreatif, Masa dewasa dini sebagai masa keinginan mandiri, Masa dewasa dini sebagai masa komitmen Suatu komitmen dibuat oleh orang dewasa muda karena mereka dituntut untuk menjadi orang dewasa yang mandiri dan bertanggung jawab bagi kehidupannya sendiri. Masa dewasa dini sebagai masa ketergantungan.
Hasil observasi : berdasarkan hasil wawancara dengan orang yang ada disekitarnya yakni antara lain suami dari ibu juwaria yang mana mengatakan kepribadiannya ibu juwaria adalah sosok yang kreatif, mandiri, dan berkomitmen, kreatifitasnya terlihat ketika hampir tiap hari ia memasak masakan yang berbeda sessuai dengan kreasinya.


5.     Religious
Dari segi ilmu jiwa Agama, dapat dikatakan bahwa perubahan keyakinan atau perubahan jiwa agama pada orang dewasa bukanlah suatu hal yang terjadi secara kebetulan saja, dan tidak pula merupakan pertumbuhan yang wajar, akan tetapi adalah suatu kejadian yang didahului oleh suatu proses dan kondisi yang dapat diteliti dan dipelajari.
Hasil observasi : ibu juwaria adalah sosok yang yang hidup apa adanya dan penurut terhadap perintah suaminya,sealain terhadap suaminya juga ibu juwaria adalah sosok yang taat dalam beribadah ,mengaji dan perbuatan religious yang lainnya.

Dewasa dan lingkungannya

Masa dewasa dini biasanya akan lebih supel dalam berteman namun kondisi mereka seringkali mengubah cara berteman kerah kelompok-kelompok.
Masa dewasa madya awal biasanya lebih giat bermasyarakat dan mengenal tetangga.
Hasil observasi : ibu juwaria adalah sosok yang dekat dengan tetangganya dan sering melakukan silaturahmi kepada tetangganya ketika ia mempunyai waktu yang lowong, ia juga lebih senang ketika ia sedang ngumpul dengan tetangga-tetangganya.


























BAB III
PENUTUP
A.Kesimpulan

Perkembangan fisik dewasa
Kesehatan fisik
Masa dewasa dini merupakan periode penyesuaian diri terhadap pola-pola kehidupan baru dan harapan-harapan baru. Periode ini secara umum berusia sekitar 18-25 dan berakhir sekitar 35-40 thn.
Kemampuan sensorik
pada masa dewasa memiliki kecepatan respon yang maksimal dan mereka dapat menggunakan kemampuan ini dalam situasi tertentu dan lebih luas.
Dewasa dan lingkungannya
 Masa dewasa dini biasanya akan lebih supel dalam berteman namun kondisi mereka seringkali mengubah cara berteman kerah kelompok-kelompok.
Masa dewasa madya awal biasanya lebih giat bermasyarakat dan mengenal tetangga.















Daftar pertanyaan :

Kepada objek

1.     Perubahan fisik  apa yang anda rasakan ketika anda sudah beranjak dari remaja kedewasa ?
2.     Perbahan apa saja yang anda rasakan terhadap  fungsi kemampuan panca indera anda ?
3.     Apakah anda termasuk seseorang yang mampu mengendalikan emosi ?
4.     Apa saja yang anda pikirkan ketika  ketika anda mulai beranjak dewasa.?
Kepada orang sekitarnya

1.     Bagaimana kepribadian ibu juwaria menurut pendapat anda ?
2.     Apakah ibu juwaria termasuk orang yang religious ?
3.     Bagaimana pendapat anda tentang keseharian ibu juwaria terhadap lingkungannya ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

gunakan bahasa yang sopan..

Makalah sosiologi komunikasi- paradigma keilmuan dan teori komunikasi

SOSIOLOGI KOMUNIKASI : PARADIGMA KEILMUAN DAN TEORI KOMUNIKASI DISUSUN OLEH : RAHMAT ABAS MOHAMAD RIFAI DJ RAUF ERWI...